Kamis, 19 Januari 2012

CONTOH PROPOSAL BAB I

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang Masalah
Administrasi sangat diperlukan bagi kelangsungan proses mengajar dalam dunia pendidikan, semua itu tidak lepas dari keaktifan orang –orang yang menguasai administrasi tersebut, padahal kalau Administrasi di pegang sama orang-orang yang kurang terampil maka administrasi tersebut akan berantakan.
Andimistrasi adalah upaya menjadikan kegiatan kerja sama antara guru dan karyawan agar proses belajar mengajar lebih efektif.
Orang yang memegang administrasi adalah orang yang sudah terlatih dalam bidangnya ( orang yang sudah mendapat ilmu / pelatihan ).1 administrasi tidak hanya dalam hal keuangan saja tetapi juga dalam kerapian, keteraturan kita dalam pembukaan, administrasi tidak hanya dilakukan dalam waktu tertentu saja tetapi setiap hari secara kontinyu.
Administrasi Guru Pendidikan merupakan suatu proses yang merupakan daur ulang ( siklus ) penyelenggaraan pendidikan di mulai dari perencanaan, di ikuti oleh pengorganisasian pengarahan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian tentang usaha untuk mencapai tujuanya administrasi sekolah juga mencakup usaha untuk melakukan manajemen.2




Administrasi meliputi beberapa hal yaitu :
1. Administrasi Kurikulum adalah mengatur jadwal kurikulum untuk tahun pelajaran yang akan di pelaksanaan.
2. Administrasi Pegawai
Administrasi ini mencakup seua harga sekolah tersebut yaitu mulai dari Guru, Karyawan oleh tata usaha.
3. Administrasi Perlengkapn.
Administrasi ini menangani perlengkapan yang ada di sekolah yaitu untuk kelancaran proses belajar mengajar di sekolah.

4. Administrasi Keuangan.
Administrasi ini berhubungan dengan keuangan siswa untuk memperlancar prosees belajar siswa.
5. Administrasi Ke kemudahan.
Administrasi kemudahan berhubungan dengan tata usaha dalam penyimpanan data-data siswa.

MAS Gampong Teungoh merupakan salah satu SLTA SWASTA yang ada di bawah kementrian Agama Langsa kota yang telah maju di kota Langsa, kegiatan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dan siswa MAS Gampong Teungoh, dalam rangka untuk mencapai keberhasilan, belajar tidak hanya tegantung pada prasarana dan tenaga Guru tetapi factor lainya juga sebagai berpengaruh seperti adanya Administrasi Guru pendidikan Agama Islam.
Dengan latar belakang pemikiran dan fungsi Administrasi Guru Pendidikan Agama islam tersebut diatas, menarik perhatian penulis untuk mengadakan penelitian lebih lanjut. Pada MAS Gampong Teungoh Langsa Kota. Dengan dengan : “ FUNGSI ADMINISTRASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MAS GAMPONG TEUNGOH LANGSA KOTA ”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka menjadi suatu masalah yang perlu di telaah untuk mencari pemecahanya, adapun yang menjadi masalah pokok adalah :
1. Apa saja Fungsi Administrasi Guru Pendidikan Agama Islam di MAS Gampong Teungoh Langsa Kota ?
2. Bagaimana Fungsi Administrasi Guru Pendidikan Agama Islam di MAS terhadap proses pembelajaran pada MAS Gampong Teungoh Langsa Kota ?

C. Penjelasan Istilah
Untuk menghindari kerancuan pemahaman terhadap istilah-istilah yang terdapat pada judul Proposal Skripsi ini, maka perlu dijelaskan istilah-istilahnya. Adapun penjelasan istilah tersebut, yakni :
1. Administrasi Guru adalah kerja sama guru un tuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam pada tingkat sekolah.
Administrasi yang penulis maksudkan disini adalah sebagai salah satu bentuk kerjasama dalam bidang pendidikan antara Guru, murid, kepada kepala sekolah dan staf tat usaha di MAS Gampong Teungoh.
2. Istilah pendidikan Agama Islam terdiri dari 3 kata yaitu : Pendidikan, Agama, dan Islam.
Menurut Soeganda Poerbakawatja pendidikan adalah usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan pengaruhnya meningkatkan kedewasaan si anak yang diartikan mampu memikul tanggung jawab moril dan segala perbuatannya.3
Dan menurut Harun Nasution Agama aalah suaut yang membawa peraturan yang merupakan hokum yang harus dipatuhi, menguasai diri seseorang dan membuat ia tunduk dan patuh kepada Tuhan dengan menjalankan ajaran Agama itu.4
Dan islam merupakan Agama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, berpedoman pada kitab suci Al-Qur’an yang diturunkan melalui wahyu Allah.5
Dari pendapat diatas disimpulkan bahwa pendidikan Agama Islam adalah bimbingan dan usaha secara sadar dan sengaja yang dilakukan oleh orang dewasauntuk membentuk kepribadian seseorang muslim yang bertanggung jawab serta tunduk dan patuh kepada pemerintah ajaran yang dibuka oleh Rasulullah SAW.
3. Pembelajaran adalah kegiatan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh guru dan siswa.(6)
4. MAS Gampong teungih Langsa Kota adalah sebuah lembaga pendidikan formal yang didirikan untuk peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada tingkat SLTP. MAS ini sederajat dengan SMA atau SLTA dan materi yang diajarkan adalah kurikulum Agama pendidikan umum. Letak dan lokasi MAS ini adalah di Gampong Teungoh Kota Langsa.

D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian disini adalah
1. Untuk mengetahui bagaimana Administrasi guru pendidikan Agama Islam di MAS Gampong Teungoh.
2. Untuk mengetahui Fungsi Administrasi Guru Pendidikan Agama islam terhadap proses pembelajaran pada MAS Gampong Teungoh Langsa Kota.

E. Manfaat dan Kegunaan Penelitian.
Adapun hasil penelitian diharapkan beguna untuk :
1. Bahan masukan dan pertimbangan kepada MAS Gampong Teungoh Langsa kota dalam rangka menerapkan Administrasi pendidikan di MAS Gampong Teungoh Langsa Kota.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi Guru Agama Islam proses pembelajaran pendidikan di MAS Gampong Teungoh Langsa Kota.
3. Bahan masukan dan perbandingan bagi penelitian lanjutan.

F. Postulat
Untik memperoleh data yang konkrit dari pihak MAS Gampong Teungoh Langsa Kota tentang Fungsi administrasi Guru pendidikan Agama Islam terhadap proses pembelajaran. Maka penulis bertitik tolak dari permasalahan diatas merumuskan anggapan dasar ( postula ) bahwa :
Administrasi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap prose pembelajaran merupakan keharusan bagi Guru untuk memperbaiki pengajaran supaya Guru mampu menerapkan dan memecahkan masalah pengajaran yang mereka hadapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar